MyInspirasi – Hidup adalah perjuangan, tidak ada orang yang terlahir ke dunia langsung menjadi sukses tanpa usaha. Walau sekelas jenderal pun, mereka harus tetap bekerja keras demi hidupnya. Terlebih jika jenderal terlahir dari keluarga pas-pasan. Mereka harus kerja keras untuk mencapai cita-citanya. Terbukti, berkat kerja keras akhirnya nasib Beliau bisa berubah. Beliau berhasil jadi jenderal dengan usaha dan kerja kerasnya. Berikut ini kisah jenderal yang dulu masa kecilnya hidup sederhana.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto hidup dari keluarga yang sangat sederhana. Cerita perjalanan hidup Hadi Tjahjanto tersebut tertuang dalam buku berjudul Kisah Anak Sersan Menjadi Panglima. Dalam buku tersebut diceritakan demi tetap bersekolah Hadi kecil harus membantu ayahnya, yang hanya seorang teknisi pesawat bergaji pas-pasan, menjadi kisah yang sangat luar biasa.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memiliki kisah kehidupan yang inspiratif dan dapam memotivasi banyak orang. Seorang penulis bernama Edy Suprapto mengangkat tentang kehidupan Masekal Hadi menjadi sebuah buku berjudul “Anak Sersan Jadi Panglima”.

Sang Panglima juga pernah menjadi seorang Cady hingga pembuat kue donat. Meski getir, namun tidak sampai menjadi ratap tangis. Buktinya Hadi dapat mencapai cita-citanya dan berhasil menjadi Panglima TNI yang ramah namun dihormati dan disegani.

Memasuki masa remaja, Hadi mulai merancang cita cita dari sejak kanak kanak menjadi penerbang. Dalam proses mendisiplinkan diri mempersiapkan tes jasmani masuk AKABRI, Hadi jatuh hati pada pandangan pertama dengan seorang gadis yang masih duduk di SMP.

Gadis itu tidak lain Nanik Istumawati, seorang anak Polisi pasangan Serma Soedjai Wiryoatmodjo ibu Arbaiyah Yunus. Nanik kelak menjadi istri Hadi Tjahjanto. Karena cinta mereka tumbuh usia dini maka menghadapi larangan dari orang tua Nanik. Ada perjuangan untuk meraih dan merawat cinta di dalam buku ini.

Lulus penerbang hingga puncaknya sekolah ke Perancis selalu diremehkan, dipandang sebelah mata. Bahkan gosip dari para istri perwira menyebar bahwa Hadi memang penerbang yang gagal. Tuhan berkata lain, meski selalu dipingirkan dan tidak pernah mendapat kesempatan memegang peran strategis.

Setahap demi setahap perjalanan karier Hadi mulai bersinar. Nanik Istumawati suatu hari bermimpi melihat bintang bersinar cemerlang di arah barat dan anak anaknya berlarian ke Barat. Ternyata menjadi pertanda titik balik karier suaminya mulai mengapai bintang hingga bintangnya bersinar. Sampai pada hari ini, beliau menjadi Panglima Tertinggi di kesatuan Tentara Indonesia.

 

Sumber : DariBerbagaiArtikel
Editor : PenaMerah

Facebook Comments