Pada zaman dahulu disebuah tempat hidup seorang Raja, raja tersebut menyimpan batu yang di tengah jalan raya. Dia kemudian bersembunyi dan mengawasi untuk melihat apakah ada orang yang memindahkan batu itu keluar dari jalan.
Beberapa pedagang dan orang orang istana datang dan berjalan di sekitarnya.

Orang – orang tersebut hanya melihat lihat batu itu saja bahkan banyak diantara mereka dengan keras menyalahkan Raja karena tidak menjaga jalan raya, tetapi tidak ada yang melakukan apa pun untuk menyingkirkan batu itu.

Seorang petani kemudian datang membawa banyak sayuran. Saat mendekati bongkahan batu, petani meletakkan bebannya dan mencoba mendorong batu itu keluar dari jalan. Dengan usahanya yang beberapa menit menyingkirkan batu tersebut  akhirnya dia berhasil.

Setelah petani kembali untuk mengambil sayurannya, dia melihat sebuah dompet tergeletak di jalan di mana batu itu berada. Dompet itu berisi banyak koin emas dan sebuah catatan dari Raja yang menjelaskan bahwa emas itu untuk orang yang memindahkan batu besar dari jalan raya.

Pesannya adalah :
Banyak diantara kita yang hidup dengan beberapa masalah namun mereka hanya memberikan kritikan tanpa ada solusi, sebaliknya sedikit diantara kita yang jika menemukan permasalahan mereka langsung bergerak untuk menyelesaikan masalah itu, tanpa disuruh atau tanpa berfikir jangka panjang, simplenya adalah karena mereka mempunyai dasar hati yang baik.
Semoga kisah diatas bisa menginspirasi dikehidupan kita semua. Tetaplah menjadi seseorang yang berguna di muka bumi ini.

 

 

Penulis : PenaMerah

Facebook Comments