Pacaran adalah suatu proses yang penting dalam berhubungan. Pacaran adalah langkah awal kamu mengenal hingga menentukan apakah pilihanmu sudah tepat. Namun, tidak sedikit orang mengalami dilema. Sudah terlanjur sayang tetapi perjalanan cinta harus kandas di tengah jalan. Alhasil, gagal merajut cinta hingga ke pelaminan. Salah satu solusi untuk mempertahankan hubungan adalah mendewasakan cara berpacaranmu. Berikut langkah mendewasakan cara berpacaran agar bisa langgeng sampai ke plaminan.

Berjuang bersama-sama layaknya sebuah tim yang solid

Banyak kita temukan sepasang kekasih saling bersaing untuk bisa merasa lebih daripada pasangannya. Ini bukanlah sikap yang harus dipertahankan dalam hubungan. Jika sudah serius, mulailah berpikir bahwa pasanganmu adalah teman se-tim, bukan tim lawan. Jika ada kesusahan pada pasanganmu, berempatilah dan mau membantu. Jika ada keberuntungan pada pasanganmu, ikutlah merayakan bukan menjadi iri. Jadilah 1 tim yang solid agar hubungan berpacaran lebih sehat.

Peliharalah cinta yang seimbang, agar hubungan kalian senantiasa harmonis

Menjadi dewasa berarti bisa menghargai kepentingan orang lain dan tidak melulu memikirkan diri sendiri. Begitu pula dalam berpacaran. Jangan merasa bangga jika kamu merasa pasanganmu lebih cinta, lebih memberi, lebih pengertian, atau lebih mengalah. Belajarlah untuk memberi saat kamu menerima, mengerti saat kamu dimengerti. Seimbangkan cinta dalam hubunganmu agar keharmonisan dapat tercipta.

Jangan Meuruti Egomu, tapi juga hargai hak pasanganmu

Mengemukakan pendapat memang adalah hak setiap orang. Namun, memaksakan pendapat atau kehendak sama artinya melanggar hak orang lain. Hindari sikap untuk menuntut pasangan ini itu sesuai dengan maumu, tetapi kemukakan pendapat secara terbuka. Jika pasanganmu cukup dewasa dan mau mempertahankan hubungan, dia akan mengerti dan memperbaiki sikap dengan sendirinya.

Stop comparing! Membanding-bandingkan dia dengan orang lain hanya akan membuatnya kecewa

Orang berkata rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau. Kita tidak akan pernah tau masalah apa yang dialami orang lain dibalik setiap upload foto romantis mereka. Jangan mudah iri, jangan mudah membandingkan hubunganmu lebih indah atau lebih buruk daripada orang lain. Hal seperti ini akan menimbulkan rasa kecewa dan jenuh terhadap pasangan. Jika sudah berkomitmen, belajarlah untuk bisa menerima kondisi hubungan kalian dengan positif.

Terbuka dalam berkomunikasi, karena pasanganmu bukanlah cenayang yang bisa menerawang pikiran seseorang

Selesaikan semua masalah dengan terbuka. Berceritalah dengan pasanganmu dan carilah solusi bersama-sama. Jangan menutup diri dan berharap pasanganmu dapat mengerti keluh kesahmu dengan sendirinya. Berbicaralah dan diskusikan masalah bersama untuk memiliki hubungan yang lebih dewasa.

Pasanganmu bukanlah tokoh dalam film Korea

Tidak banyak hubungan pacaran yang kandas ditengah jalan karena pikiran bahwa “pasanganku kurang tepat.” Introspeksi dan telitilah kembali kriteria idamanmu sebelum mengambil keputusan. Be real! Stop mendambakan sosok pasangan yang seindah di film korea. Tidak ada manusia yang sempurna, dalam realita setiap orang pasti punya kekurangan dan kelebihan. Pilihlah pasangan yang sudah mendekati kriteria idamanmu dan terimalah kekurangannya. Jangan mudah melepas pasangan yang hadir dan berjuang untukmu demi mendapatkan pasangan “sempurna” yang belum tentu ada.

Terbuka dalam berkomunikasi, karena pasanganmu bukanlah cenayang yang bisa menerawang pikiran seseorang

Selesaikan semua masalah dengan terbuka. Berceritalah dengan pasanganmu dan carilah solusi bersama-sama. Jangan menutup diri dan berharap pasanganmu dapat mengerti keluh kesahmu dengan sendirinya. Berbicaralah dan diskusikan masalah bersama untuk memiliki hubungan yang lebih dewasa.

Jangan menyerah, tetapi berjuanglah bersama-sama!

Hal yang terpenting dalam poin ini adalah berjuang bersama – sama, akan ada waktu hubungan kalian akan dihadapkan dengan beberapa masalah untuk itu selesaikan dengan bersama sama, hilangkan ego masing masing individu sebab penyesalan akan tiba dikemudian hari, maka awalilah dengan perencanaan berjuang bersama sama sampai ajal memisahkan dan jaga komitmen kalian berdua apapun yang terjadi.
Sebaiknya jika memang sudah pas, maka segeralah untuk menikahi pasanganmu agar melengkapkan ibadahmu ke Tuhan Yang Maha Esa.

 

 

Sumber : IDNTimes
Editor : PenaMerah

Facebook Comments