Setiap orang punya formula kesuksesan, tergantung pada pribadi dan perkerjaan masing-masing. Lalu bagaimana dengan orang-orang sukses yang selama ini kita kenal? Bagaimana keseharian mereka sampai bisa menghasilkan karya yang inspiratif dan bermanfaat?

Simak keseharian sederhana orang-orang sukses berikut ini!

1. Pablo Picasso : baru tidur jam dua malam dan bangun jam sepuluh pagi

Lalu apa yang Pablo lakukan sebelum tidur? Ia melukis dari jam tiga sore sampai setengah tiga dini hari dan hanya diselingi waktu untuk makan malam. Kalau sudah bangun tidur, ia akan sarapan dan berkumpul dengan kawan-kawannya.

 

 

 

 

2. Victor Hugo : sebelum menulis, menu sarapannya adalah dua butir telur mentah dan kopi

Penulis Les Miserables in, tidur malam selama delapan jam dari pukul sepuluh. Selanjutnya, ia sarapan dua butir telur mentah dan kopi selama 30 menit.

Jam-jam ia menulis sendiri adalah pukul setengah enam pagi sampai sebelas siang dan enam sampai delapan malam.

Sisa harinya ia gunakan untuk olahraga, berpacaran, makan, jalan-jalan, dan bermain kartu.

 

 

 

 

3. Sigmund Freud : jika malam tiba, menyempatkan bermain kartu

Psikologis dan dokter yang namanya sering kamu dengar di buku pelajaran ini, tidur pukul satu sampai tujuh pagi. Jam delapan sampai dua belas dan tiga sampai sembilan malam, barulah ia bekerja merawat pasien-pasiennya.

Baru setelah pukul sembilan malam, ia makan malam dan bermain kartu untuk hiburan. Sebelum tidur, ia masih menyempatkan menulis dan membaca.

 

4. Haruki Murakami : tidur jam sembilan malam untuk menulis jam empat pagi

Penulis kenamaan asal Jepang ini, membiasakan tidur sejak pukul sembilan malam. Pukul empat pagi, ia bangun dan langsung menulis. Yang unik, ketika tengah hari tiba, ia baru berolahraga seperti jalan kaki atau berenang selama sejam.

Pukul satu siang hingga waktu tidur datang, yang ia lakukan adalah mengerjakan pekerjaan rumah dan berkumpul bersama keluarga.

 

 

5. Benjamin Franklin : setelah tidur tujuh jam, bangun langsung bikin resolusi hari ini

Tidur dari jam sepuluh malam dan bangun jam lima pagi, yang dilakukan oleh founding fatherAmerika Serikat ini selanjutnya adalah mencuci, membuat resolusi yang akan dilakukannya hari ini, dan sarapan.

Pukul delapan hingga pukul enam sore, mulailah ia bekerja. Di sela-selanya, ia selingi dengan makan siang dan membaca buku. Usai kerja, makan malam, mendengarkan musik, dan bersosialisasi adalah kegiatan penutup harinya.

 

6. Immanuel Kant : wajib menulis selama satu jam sehari

Punya jam tidur yang sama dengan Benjamin Franklin, filsuf ini langsung bangun dengan menikmati teh dan merokok dengan pipa. Lantas, dari jam enam sampai tujuh pagi ia menulis.

Selama empat jam kemudian, ia sudah mengajar di universitas. Empat jam berikutnya, Immanuel menikmati makan siang dan minum anggur di pub. Pukul tiga hingga empat sore, ia berjalan kaki.

 

 

7.Ludwig van Beethoven : bangun tidur, minum 60 biji kopi per gelas

Ya. Minum kopi adalah kegiatan komposer dan pianis Jerman ini selama kurang lebih 30 menit pasca bangun pukul enam pagi.

Pukul setengah enam pagi hingga setengah tiga sore barulah ia bekerja membuat komposisi musik sembari diselilingi jalan-jalan kecil untuk meningkatkan kreativitas.

Sisa harinya, ia melakukan makan malam dengan wine, olahraga lari jarak jauh, dan membaca. Barulah dia beranjak tidur pada pukul setengah sepuluh.

 

 

 

8.Wolfgang Amadeus Mozart : sebelum tidur selama empat jam, dia mengkomposisi musik selama dua jam

Bangun sekitar jam setengah enam pagi, Mozart langsung berdandan agar selanjutnya dapat bekerja.

Dari jam tujuh hingga sembilan pagi, ia mengkomposisi musik. Dari jam satu siang sampai lima sore, ia menikmati makan siang dan juga bersantai dengan kawan-kawannya.

Pukul lima sampai sembilan, jika tidak ada konser, ia kembali membuat komposisi musik. Pukul satu sampai enam pagi barulah ia tidur.

 

 

9.Charles Darwin : selama 30 menit harus jalan-jalan sebelum sarapan

Setelah tidur selama tujuh jam dari jam 12 malam, waktu satu jam digunakannya untuk jalan-jalan dan sarapan. Pukul delapan pagi sampai tengah hari, ia baru bekerja sambil diselingi membaca surat-surat yang ditujukan padanya.

Satu jam berikutnya digunakan untuk jalan-jalan dengan anjingnya sekaligus makan siang. Oh iya, dia juga tidur siang pada pukul tiga sampai sore lho!

 

 

10.Charles Dickens : selama lima jam harus menulis dalam keadaan yang benar-benar kondusif dan sepi

Charles biasa menulis pada jam sembilan pagi sampai dua siang. Agar efektif, ia harus menulis di lingkungan yang sepi.

Jam dua sampai jam lima, barulah ia jalan-jalan mengitari kota London untuk cari inspirasi. Sisanya adalah jeda waktu untuk bersantai sampai akhirnya ia tidur tepat tengah malam.

 

 

 

 

 

Beda-beda ya kegiatan sehari-hari orang di atas? Yang pasti, semuanya mengerjakan karyanya dengan tekun dan sering mencari inspirasi. Jadi, apapun pekerjaan dan karyamu, kerjakan sebaik mungkin ya!

 

 

Facebook Comments