MyInspirasi – Indonesia sejak merdeka 1945 memiliki beberapa masa diantaranya Masa Orde Lama, Masa Ode Baru dan Masa sekarang yang kita kenal Masa Reformasi.
Namun sedikit diantara kita mengetahui apa saja yang terjadi di masa – masa tersebut, untuk itu pada kesempatan ini kita akan membahas Indonesia di Masa Orde Baru.

Di zaman milennial ini sebenarnya jika kita ingin mengetahui beberapa peristiwa atau sejarah kita bisa mencari tahu sumbber dari internet, namun di pembahasan kita kali ini penulis merangkum dari beberapa artikel di internet, buku dan cerita langsung dari para orang tua kita sendiri yang langsung merasakan apa yang terjadi di masa orde baru tersebut. Banyaknya artikel yang menjelaskan masa kelam di masa orde baru, namun sedikit diantara kita lupa dengan warisan Pak Harto di masa Orde Baru, berikut warisan Orde Baru yang semoga bisa menginspirasi kita di zaman milenial,

Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita)
Di awal kekuasaannya, Pemerintah Orde Baru mewarisi kemerosotan ekonomi yang ditinggalkan oleh pemerintahan sebelumnya. Kemerosotan ekonomi ini ditandai oleh rendahnya pendapatan perkapita penduduk Indonesia yang hanya mencapai 70 dollar AS, tingginya inflasi yang mencapai 65%, serta hancurnya sarana-sarana ekonomi akibat konflik yang terjadi di akhir pemerintahan Soekarno. Untuk mengatasi kemerosotan ini, pemerintah Orde Baru membuat program jangka pendek berdasarkan Tap. MPRS No. XXII/MPRS/1966 yang diarahkan kepada pengendalian inflasi dan usaha rehabilitasi sarana ekonomi, peningkatan kegiatan ekonomi, dan pencukupan kebutuhan sandang. Program jangka pendek ini diambil dengan pertimbangan apabila inflasi dapat dikendalikan dan stabilitas tercapai, kegiatan ekonomi akan pulih dan produksi akan meningkat

Hadirnya Bulog untuk Program Swasembada Beras
Sejak awal berkuasa, pemerintah Orde Baru menitikberatkan fokusnya pada pengembangan sektor pertanian karena menganggap ketahanan pangan adalah prasyarat utama kestabilan ekonomi dan politik. Sektor ini berkembang pesat setelah pemerintah membangun berbagai prasarana pertanian seperti irigasi dan perhubungan, teknologi pertanian, hingga penyuluhan bisnis.Pemerintah juga memberikan kepastian pemasaran hasil produksi melalui lembaga yang diberi nama Bulog (Badan Urusan Logistik) dan terbukti dari program ini menghsilkan beberapa daerah memperoleh penghargaan swasembada terkait kinerja daerah membangun dan menghasilkan hasil alamnya sendiri.

Nasionalisme Masyarakat yang Tinggi
Menurut Cerita Orang Tua kita yang merasakan langsung Orde Baru, masa pemerintahan Bapak Soeharto di masa Orba jarang diantara kita sesama masyarakat saling mengejek satu sama lain, ketat dan tegasnya pemerintahan mengawal aturan tersebut membuat masyarakat takut akan melakukan tindakan kejahatan sebaliknya masyarakat menjaga etika dan melestarikan budaya masing masing daerah saking cintanya kepada negeri ini yang biasa disebut nasionalisme. Disaat  beberapa pemuda Indonesia juga mengikuti turnamen dunia, maka hampir seluruh rakyat Indonesia mendukung penuh jagoan jagoan Indonesia di masa itu.

Setiap zaman beda cerita, penulis menyadari dalam setiap zaman mempunyai peristiwa positif dan negatif, ketimbang kita mendiskusikan kisah negatif pendahulu sebelumnya setidaknya mereka telah berbuat untuk negara, maka marilah kita melihat diri dan tanyakan ke diri sendiri apa yang telah kita lakukan untuk negara ini, untuk itu kita generasi bangsa Indonesia mengambil nilai nilai positif tersebut untuk dijadikan pembelajaran dan memotivasi diri serta melanjutkan  perjuangan para pendahulu kita.

 

 

Penulis : PenaMerah

Facebook Comments