MyInspirasi – Jika kita mencoba membuka buku sejarah umat manusia, dimulai dari mengenal dirinya walau masih terbatas pada saat itu dan karena itulah manusia menyadari bahwa ia harus berusaha mengetahui jalan yang benar dan selamat untuk meraih kemaslahatan diri dan kelompoknya, serta ia mengetahui pula hal – hal yang buruk untuk bisa menghindarinya. Akhlak yang menjadi salah satu tools untuk menuntun kita sesama manusia menjadi manusia yang lebih baik.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata akhlak diartikan dengan budi pekerti, kelakuan. Sedangkan moral diartikannya sebagai ajaran tentang baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatam, sikap, kewajiban, dsb. Akhlak juga diartikan sebagai kondisi mental yang membuat orang tetap berani, bersemangat, bergairah, berdisiplin dan sebagainya sebagaimana  ia juga dipahami dalam arti isi hati atau keadaan perasaan, sebagaimana terungkap dalam perbuatan. Sedang etika diartikannya dengan ilmu tentang apa yang baik atau buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).
Akhlak berasal dari bahasa Arab yang mempunyai bentuk jamak khuluq yang pada mulanya bermakna ukuran, latihan dan kebiasaan.

Imam Al-Ghazaly dalam bukunya ”lhya Ulum Ad-Din” mengemukakan bahwa : khuluq dan khalaq adalah dua kata yang dapat ditemukan dalam satu kalimat “Fulan hasan al khalaq wa al-khuluq”  yang berarti ( Si A baik bentuk badannya dan baik pula akhlaknya), yang pertama adalah rupa badan dapat dilihat dengan mata kepala sedangkan yang kedua bersifat batin “tidak terlihat substansinya” tetapi dapat kita lihat dari dampaknya dalam aktivitasnya. Hakikat kedua kata tersebut ada pada diri setiap insan karena manusia adalah gabungan dari jasmani dan rohani yang masing masing bisa menjadi baik dan bisa menjadi buruk juga. Al Ghazaly lebih jauh menjelaskan bahwa khuluq (akhlak) merupakan kondisi kejiwaan yang mantap, tanpa harus terpikirkan terlebih dahulu.

Nah bila kondisi kejiwaan itu baik dan melahirkan perbuatan perbuatan yang dinilai oleh akal dan agama bbaik, pemiliknya dinilai memiiki akhlak mulia, sebaliknya jika tidak maka hilangnya akhlak dalam kehidupan manusia sangat merugikan bagi dirinya sendiri.
Semoga kita semua bisa memperbaiki akhlak kita masing-masing dan menjadi lebih baik setiap harinya, amin

 

MyInspirasi

Facebook Comments