Apa kabar kalian hari ini, semoga kabar kita baik baik saja, sehat walafiat, dan tetap  berjuang memperbaiki diri. Amin.
karena berdoa adalah salah satu syarat untuk kita semua bisa mewujudkan mimpi – mimpi kita, dari sejumlah mimpi – mimpi manusia tersebut  pastilah banyak memilih ingin sukses, kata sukses kita kenal disaat kita mulai masuk sekolah dasar, dunia dimana manusia memulai keluar dari lingkungan keluarganya masing – masing dan tanpa kita sadari diri ini memulai melihat dunia secara nyata dan lebih luas. Adanya keinginan membeli mainan biasanya dikarenakan manusia melihat sesuatun yang menarik sehingga mereka pun ingin milikinya, seiring berjalannya waktu dari sekolah dasar, menengah sampai kita berseragam putih abu-abu maka semua yang kita inginkan itu menjadi impian kita dikemudian hari, impian itu biasa disebut dengan nama sukses.
Sukses itu mempunyai makna tersendiri dari masing – masing manusia namun banyak diantara kita memahami kata sukses itu ialah memiliki banyak uang sehingga bisa membeli apapun yang kita inginkan, sukses dalam karir pekerjaan bagi mereka yang bekerja di kantoran, sukses bisa melanjutkan pendidikannya diluar negeri dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan ini, kita akan mencoba untuk saling memahami bahwa Sukses yang kita mimpi mimpikan selama ini adalah sebuah tujuan. Tujuannya ibarat kita yang berada di Indonesia ingin ke Inggris, perjalanan dari Indonesia untuk sampai ke Inggris memerlukan persiapan dan banyak prosedur yang harus kita jalani, mulai dari administrasinya sampai langkah kaki kita beranjak dari rumah menuju ke bandara, duduk dipesawat dan beberapa aktivitas lainnya hal seperti itu bernama proses. Nah Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa untuk mewujudkan mimpi mimpi kita semua untuk menjadi sukses memerlukan namanya proses. Iya proses itulah kendaraan menuju sukses.

Untuk lebih memperjelasnya kita mengambil salah satu contoh kehidupan yang sering kita jumpai. Banyak manusia ingin sukses seperti memiiki uang yang banyak sehingga bisa membahagiakan keluarganya,  bisa membeli apa yang diinginkannya dan macam macamlah karena konon katanya dizaman sekarang jika ada uang maka semuanya bisa kita dapatkan.

Nah sekarang kembalikan ke diri kita masing – masing, (apakah kita ingin sukses juga ?) Pastinya iya kan, nah selanjutnya tanyakan lagi ke diri kita masing masing (Proses apa yang sudah kita lakukan selama ini ?) . Kedua pertanyaan inilah yang nantinya bisa mengantar kita apakah kita bisa menjadi sukses ataukah tidak.
Setelah itu ada beberapa pertanyaan tambahan untuk membantu kita mencapai  sukses tersebut, pertanyaannya berdasar kehidupan kita sehari – hari, seperti :

Apa saja yang kita lakukan untuk mengisi hari – hari kita ? Waktu satu hari adalah 24 jam, jika dimulai dari jam 6 Pagi sampai jam berputar kembali jam 5.59, Seminggu 7 hari dari Senin kembali ke hari senin lagi.
Apakah kita menghabiskan waktu itu dengan ngumpul sama teman ? kalau iya berapa jam yang kita gunakan untuk ngumpul bareng teman, jika karena alasan silahturahmi agar bisa bercanda ria untuk menjalankan sunnah nabi (kalau seperti ini, maka penulis juga menganjurkannya ayo kita lakukan tahap ini), nah setelah bersilahturahmi apakah kita melanjutkan dengan belajar bersama, atau membicarakan peluang peluang yang bisa mewujudkan sukses kita masing – masing, ataukah kita ngumpulnya hanya dengan menceritakan orang – orang disekitar kita (semoga tidak menceritakan keburukan orang lain apalagi keburukan teman sendiri), lalu yang lebih penting adalah apakah yang bisa kita bawa pulang kerumah dari acara ngumpul ngumpul itu ? kita sendiri yang bisa pertanyaan itu.
Apakaha kita sudah berdoa kepada Tuhan hari ini ? (Jika iya maka lakukanlah setiap hari). Semua manusia di Indonesia memiliki agama dan keyakinan masing – masing, bahkan banyak diantara kita yang sudah paham dan tahu betul untuk sukses haruslah kita sering berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menjalankan segala kewajiban dan menjauhi larangannya. Pertanyaannya adalah sudahkah kita menjalankan kewajiban tersebut dan memohon doa kepadanya agar kita bisa menjadi sukses ? Jika iya, alhamdulillah. Jika belum maka mari kita sama sama memperbaiki diri dan kembali menjalankan perintahnya.
Apakah dalam sehari,kita pernah mengintrospeksi diri  ? sejauh mana progres usaha atau proses yang sudah kita lakukan selama ini, sudah sampai di tahap mana dan bertanyalah ke diri kita masing – masing apa lagi yang harus saya lakukan untuk mencapai sukses yang diinginkan tersebut.

Semoga bisa mengilhami beberapa pertanyaan dan pernyataan diatas dan semoga kita bisa mengenal diri kita masing – masing sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa hari ini saya bisa seperti ini karena proses saya sendiri. Bukan karena keluarga ataupun karena orang lain, maka marilah kita sama sama memperbaiki diri dan mulai detik ini kita memaksimalkan proses selanjutanya untuk bisa berada ditujuan yang kita inginka. Ingat tujuan itu adalah sukses.

Tak ada Proses yang mengkhianati tujuan, jika tujuanmu belum kau dapatkan hari ini tetaplah berusaha dan berjuang serta berdoa karena yakinlah besok adalah rahasia Tuhan yang indah.

 

Penulis : Pena Merah

Facebook Comments