MyInspirasi –  Apakah Anda adalah seorang karyawan kantoran, sudah berapa lama anda menjadi karyawan dan semoga anda bisa menjadi karyawan teladan dan merintih karir lebih baik. Tapi mungkin ada juga diantara kita yang sudah menjadi karyawan yang cukup lama namun sayangnya, sampai saat ini promosi jabatan pun belum didapatkan. Berikut beberapa tips yang anda lakukan jika karir anda ingin naik.

Perhatikan Keseharian Anda di Luar Jam Kantor
Jangan terlalu sering mengeluh di situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook, sebab tidak menutup kemungkinan bos Anda akan membacanya. Sekarang kita memasuki babak baru di zaman milenial hampir semua orang mempunyai media sosial maka bijaklah menggunakannya, jika suatu saat akan ditemukan postingan aneh terkait keluhan anda apalagi jika menceritakan rahasia perusahaan di media sosial tentu saja hal ini akan menjadi kurang baik di mata atasan. Anda akan dicap sebagai orang yang tukang ngeluh.

Berani Tampil di Rapat
Jika selama ini Anda merasa tidak pede untuk mengungkapkan pendapat dan tidak berinisiatif, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Jangan pernah takut untuk membuat diri Anda didengar oleh orang lain, baik itu dengan bos atau teman kerja. Keberanian anda jika tampil di forum rapat akan menunjukkan kualitas anda, untuk itu sejak dini latihlah kemampuan anda berkomunikasi dan juga melatih diri memberikan solusi terhadap persoalan persoalan kantor (merupakan nilai plus)

Jangan Malu Bertanya tapi Jangan Juga Sering Bertanya
Pastilah aneh dengan pernyataan ini, lebih tepatnya tempatkan diri anda kapan anda bisa bertanya dan kapan pula anda tidak bertanya. Apabila Anda merasa tidak yakin dengan salah satu pekerjaan yang sedang dikerjakan, janganlah ragu untuk bertanya kepada bos secara langsung, atau melalui telepon, sms, maupun e-mail. Cara ini tentunya akan menunjukkan bahwa Anda adalah sosok karyawan yang mempunyai inisiatif sendiri. Sedangkan pertanyaan yang anda sudah pertanyakan jangan pernah mengulang pertanyaan yang sama karena kita akan dianggap kurang fokus dan bahkan terkadang bos sangat membenci orang yang suka bertanya berulang ulang dengan hal yang sama.

Membuat Laporan Kinerja Selengkap Lengkapnya
Kelak Besok atau lusa kinerja anda akan dipertanyakan ole atasan, mungkinkah itu dia akan mempertanyakan tanggal berapa dibuat laporan ini dan itu, makanya pegawai wajib menyimpan laporan data kinerjanya selengkap lengkapnya.

Memiliki Fashion atau Cara Berpakaian yang Bersih dan Rapi.
Perhatikanlah cara Anda dalam berbusana, agar atasan menganggap Anda sebagai karyawan yang sopan dan suka menaati peraturan kantor. Hindari pakaian yang terlalu mini dan transparan dan yang paling penting kamu harus tetap kelihatan segar dan tetap wangi sepanjang hari.

Memberi Semangat Kepada Bos
Stefanie Smith, Kepala Konsultan Firma Hukum Stratex mengatakan bahwa jika Anda membuat atasan di kantor merasa lebih baik, maka Anda pun akan menuai hasilnya di kemudian hari. Meskipun bos merupakan atasan di kantor, tetapi mereka juga memerlukan dorongan berupa semangat dari karyawannya. Maka dari itu, pujilah atasan Anda di depan orang lain atas hasil kerjanya.

 Bertanggung Jawab
Jika Anda datang ke kantor terlambat, jangan sampai Anda mencoba untuk menyalahkan orang lain. Ada saatnya seseorang membuat suatu kesalahan yang fatal dalam hal apa pun yang dilakukan. Jadi sebaiknya berusahalah untuk mengakui kesalahan yang dilakukan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang memiliki tanggung jawab.

Semoga dengan membaca beberapa poin diatas, kalian bisa menjadi karyawan yang bisa diandalkan oleh perusahaan anda, untuk menjadi andalan perusahaan maka lakukan yang terbaik dan cintai pekerjaan anda saat ini. Semoga kita semua bisa sukses.

 

Penulis : Fauzan

Facebook Comments