Sebelum kita membahas alasan mengapa rupiah melemah, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui bersama yaitu kok bisa Dolar yang dijadikan mata uang Internasional ? kenapa bukan Rupiah ? Jawabannya ialah Menjadi mata uang internasional wajib memiliki jumlah uang yang banyak karena akan dipakai di seluruh dunia. Kemudian pada poin berikutnya harus juga bisa menjaga kepercayaan dunia pada uang tersebut. Dengan menimbang syarat ini, tentu pemilik mata uang internasional haruslah negara yang kuat. Tidak hanya kuat ekonomi tapi juga kuat secara keamanan politik negaranya.
Ada juga sumber mengatakan dikarenakan sejarah uang itu sendiri. Nah di situ dijelaskan pada jaman dulu pencetakan uang tidak boleh sembarangan, harus ada cadangan emas. Singkatnya uang pada saat itu adalah “surat bukti kepemilikan emas”. Dijadikan bahan kertas karena fisik emas kalau buat transaksi jual beli akan merepotkan. Setelah Perang Dunia ke-2 banyaknya negara-negara Eropa dan Dunia mengalami krisis Ekonomi dan mereka berinisiatif membangun negara-negara masing. Amerika Serikat yang tidak ikut jatuh miskin memutuskan untuk membantu negara-negara tersebut dalam bentuk memberikan hutang atau pinjaman. Pinjaman tersebut dalam bentuk mata uang dolar. Dan sebagai jaminannya, negara-negara yang mau hutang harus menyerahkan emas kepada Amerika Serikat. Dengan begitu otomatis Amerika hampir menguasai emas seluruh dunia. Secara praktis, Amerika Serikat jadilah dolar yang disokong emas dan dolar pula lah yang saat itu dipercaya sebagai mata uang. Ingat Dolar Amerika Serikat, bukan dolar singapura atau dolar negara lain.

Nah, seetelah mengetahui kenapa Dolar Amerika Serikat yang dijadikan Mata Uang Internasional. Kita kembali membahas alasan kenapa Rupiah Melemah ? awalnya penulis mencari tahu lewat beberapa buku dan artikel di internet sampai merangkum seperti ini :

Indonesia mempunyai hutang yang Banyak, Jika dicermati pembahasan diatas karena Amerika Serikat memberikan hutang ke negara – negara lain, semakin Amerika memberikan Hutang maka semakin kuat pula kondisi perekonomian Amerika. Semakin Kuat Ekonomi Amerika maka semakin melemah mata uang negara – negara lain termasuk Indonesia alasannya sederhana karena bunga dari utang tersebut. Bahkan bisa saja jika semua uang fisik di Dunia dikumpulkan mungkin tak bisa menyamai nominal jumlah hutang tersebut.

Impor Lebih Besar Ketimbang Ekspor Percaya tidak percaya inilah alasan utama Rupiah melemah, bahkan alasan ini yang menyebabkan pula Indonesia rajin mengutang ke Amerika tersebut. Berikut data April 2018 dari bpjs :
Nilai ekspor Indonesia April 2018 mencapai US$14,47 miliar atau menurun 7,19 persen dibanding ekspor Maret 2018. Sementara dibanding April 2017 meningkat 9,01 persen.
Nilai impor Indonesia April 2018 mencapai US$16,09 miliar atau naik 11,28 persen dibanding Maret 2018, demikian pula jika dibandingkan April 2017 meningkat 34,68 persen.
Bisa dilihat bersama data Ekspor terbaru menurun dan sebaliknya Impor meningkat. Kenapa bisa Indonesia kok rajin mengimpor, padahal jika kita membuka mata apa yang kita butuhkan semuanya ada dinegeri ini ? kok masih hoby mengimpor ? untuk pertanyaan ini kalian baiknya langsung saja bertanya ke Pemerintah.

Pemerintah Memanjakan Masyarakat, aneh kan alasannya, pastilah aneh karena dari buku atau artikel manapun jarang kita menjumpai alasan seperti itu, mau tahu kenapa alasannya seperti itu ? buka mata kita dan lihat barang – barang impor yang dimasukkan pemerintah, beras diimpor padahal petani dan sawah dinegeri kita banyak. Kendaraan Impor makin banyak kita temukan  dijalan raya dan menjadi penyebab kota kota besar di Indonesia makin macet. Apalagi semenjak hadirnya Internet, salah satu contohnya Baju yang harganya Jutaan itu dimasukkan ke negeri ini padahal banyak pengrajin baju yang berkualitas di negeri kita. Alhasil hasrat nafsu manusia di Indonesia makin menjadi jadi, memaksakan gaya hidup ketimbang memenuhi kebutuhan hidupnya.

Masyarakat Indonesia Perlu disadarkan untuk mengurangi Gaya Hidup Hal ini juga yang penting dikarenakan gaya hidup di masyarakat kita lebih memilih produk luar negeri ketimbang memilih produk sendiri, selain itu masyarakat perlu memahami gaya hidup adalah hal yang tak terbatas, sebanyak banyaknya uang yang dimiliki tak akan mampu mencukupi gaya hidup yang tak terbatas itu.sebaliknya sekecil kecil uang yang kita miliki pastilah cukup untuk kehidupan pokok kita selama kita berusaha dan berdoa.

SDM Indonesia Perlu Dikembangkan Banyaknya barang yang dibuat oleh masyarakat kita kadang masih kalah dengan barang luar negeri seperti barang-barang elektronik, sebenarnya masyarakat bisa dan mempunyai potensi untuk berkembang tinggal bagaimana pemerintah dan masyarakat sendiri bisa bersinergi untuk bersama- sama mencipatakan SDM yang kompeten sehingga bisa menghasilkan Produk Unggul Internasional.

Beberapa poin diatas perlu kita memahami bersama agar bisa menghasilkan solusi terbaik bersama – sama. Pemerintah dan masyarakat diharapkan bisa bersinergi bukan lagi lewat wacana melainkan bukti nyata dengan beberapa program – program unggulan agar kiranya kehidupan dan Perekonomian Indonesia bisa lebih baik dari hari ini.

 

Penulis  Pena Merah

Facebook Comments