Drs. H. Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, ketika berbicara sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia kadang kita lebih mengenal Bung Karno akan tetapi pasangan beliau juga merupakan Tokoh besar yang sangat berpengaruh dalam proses kemerdekaan Indonesia sampai perjuangan beliau mengisi kemerdekaan Republik Indonesia patut kita contoh, ada beberapa kisah menarik seperti waktu Sukarno sampai khusus membuatkan parodi tentang Hatta yang bisa kita jumpai dalam buku Bung Karno Penjambung Lidah Rakjat Indonesia.
Alkisah, suatu hari Hatta lagi naik mobil dengan seorang sopir dan cewek cantik. Di jalan yang sepi, tahu-tahu ban mobil pecah. Si sopir lalu pergi cari bantuan. Tinggallah Hatta berduaan sama cewek cantik itu.Jika posisi Hatta ditukar dengan Bung Karno diibaratkan ketika si sopir kembali, keduanya pasti sudah menikah tetapi kali ini tokoh kita adalah Sang Bapak Koperasi. Maka yang terjadi adalah saat si sopir kembali, dua-duanya tengah tidur di jok. Satu di paling ujung sana, satu di paling ujung sini. Pokoknya jauh sejauhnya.
Pada kesempatan ini penulis mencoba mengingatkan ke masyarakat kisah perjuangan beliau, dan beberapa karakter beliau yang bisa kita contoh seperti :

Bung Hatta hoby membaca buku, dari kebiasaan inilah menjadikan karakter beliau cerdas dan mampu menyumbangkan pikiran pikiran yang bisa membangun negara Indonesia seperti beliau dikenal dengan Bapak Koperasi karena beliau adalah Pencetus berdirinya Badan Koperasi pertama di Indonesia. Jika banyak pahlawan yang dikenal karena perjuangan mereka mengangkat senjata dan bambu runcing untuk berpeerang, lain halnya beliau yang dari ide dan pemikirannya bisa menggerakkan generasi bangsa di masanya.
Pesannya adalah : Dizaman modern seekarang ini sering kita jumpai generasi bangsa yang punya mimpi tinggi ingin menjadi sukses, ingin membawa negara maju akan tetapi tak sejalan dengan apa yang dikerjakannya contoh, ketika kita jalan ke warkop banyak generasi bangsa menghabiskan waktunya hanya main games, dikampus atau disekolah sudah jarang kita jumpai siswa ataupun mahasiswa yang mau mebbaca buku melainkan hanya mgerumpi sana sini.
Dan diriwayatkan beliau menikahi Istrinya (Rahmi) dengan mas kawinnya adalah Buku yang berjudul Alam Pemikiran Yunani.

Kekayaan Bung Hatta Bukanlah Uang, Walau beliau adalah Wakil Presiden tetapi kehidupan beliau sangatlah sederhana, seperti yang kita jumpai dibeberapa buku Bung Hatta, ada kisah menarik sewaktu beliau menjabat Wakil Presiden ingin sekali membeli sepatu yang diinginkannya tetapi sampai wafat beliau tak membeli sepatu tersebut dan penyebabnya adalah karena uang beliau tidak cukup membeli sepatu tersebut, bahkan diriwayatkan ada pengusaha asing ingin membantunya membelikannya tapi Bung Hatta dengan tegas menolaknya, coba bayangkan seorang Wakil Presiden yang tak bisa membeli sepatu yang diinginkannya hanya karena uang.
Pesan yang disampaikan penulis adalah : betapa jujurnya beliau dalam bekerja dan menjalankan tanggung jawab lebih mengedepankan kebutuhan ketimbang keinginan, beliau sangat anti dengan korupsi karena pemikiran dan kelakuan beliau sejalan. Ketika membahas Bung Hatta mungkin beliaulah yang memang pantas menjadi Tokoh Negarawan yang sangat kita idolakan bersama, kekayaan beliau bukanlah uang. Meski ia dekat dengan penguasa negeri ini, hidupnya sangatlah sederhana. Tapi ingat, dengan buku, ia merasa bebas. Ada satu cerita kehidupan Bung Hatta yang disampaikan anak perempuannya, “Mungkin orang tak percaya, ayah tak punya deposito,” ujarnya. “Tapi ada sekitar 30 ribu buku di perpustakaannya.” Sebagian kecil buku yang beliau beli dari gajinya dan puluhan ribu buku hasil dari tulisan beliau sendiri dengan buku itulah kekayaan sejati beliau

Seperti itulah beliau pendiam, jarang tersenyum kalaupun tersenyum giginya tidak kelihatan seperti sunnah Nabi saw, sifat Bung Karno dan Bung Hatta ibarat langit dan lautan yang keduanya sangat berlawanan namun dibalik itu semua merekalah berdua Tokoh Negarawan yang paling saya sukai. Sayangnya sedikit diantara kita lebih mengenal Bung Karno ketimbang Bung Hatta, maksudnya ialah sejarah Bung Hatta dan karakter Bung Hatta yang jarang kita jumpai padahal Penyanyi terkenal yang kritis dengan lagu lagunya ialah Iwan Fals membuatkan lagu khusus untuk Bung Hatta, Coba bayangkan kenapa hanya Bung Hatta yang dibuatkan lagu oleh sang fenomenal Iwan Fals, pastilah salah satu alasannya karena Karakter Bung Hatta menjadi inspirasi sang penyanyi. Begitu pula penulis berharap bahwa kisah kisah beliau dan karakter beliau bisa dijadikan contoh untuk generasi bangsa yang sekarang.

Penulis : Pena Merah

 

Facebook Comments