Ada banyak pahlawan di kehidupan kita mulai dari pahlawan nasional, hingga beberapa orang di lingkungan sehari hari kita,ada banyak pula kisah beberapa pahlawan yang kita jumpai baik di buku maupun di internet, akan tetapi sedikit diantara kita bisa mengilhami kisah pahlawan tersebut jika dikaitkan dikehidupan kita masing-masing.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kisah tokoh paling berpengaruh di Indonesia yaitu biografi Ir.Soekarno. Sampai saat ini bapak proklamator Indonesia ini menjadi salah satu tokoh yang paling dikagumi di Indonesia bahkan dunia mengenal beliau. Isi pidato  beliau yang menginspirasi dan membakar semangat anak – anak muda di masanya.

Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 di Jawa Timur. Soekarno pernah sekolah di Eerste Inlandse School dimana ayah beliau juga bekerja menjadi guru disana. Kemudian ia dipindahkan pada tahun 1911 ke ELS yang setingkat sekolah dasar kemudian bersekolah di HBS tahun 1915, Soekarno kemudian tinggal di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Cokroaminoto yang merupakan sahabat dari ayah Soekarno. Darisanalah Soekarno kenal dengan dunia perjuangan, Soekarno yang masih muda pun mulai belajar dalam dunia politik. Soekarno muda juga belajar untuk pidato dengan cara melakukannya sendiri di kamarnya di depan cermin (Cara ini bisa dijadikan contoh dalam proses pembelajaran jika ingin tampil didepan orang banyak).

Di sekolahnya, Hogere Burger School, Soekarno pun memperoleh banyak sekali ilmu terkait banyak hal. Setelah menyelesaikan pendidikan di Hogere Burger School di tahun 1921, kemudian Soekarno pindah ke Bandung yang kemudian melanjutkan sekolah ke THS atau Technische Hooge School di jurusan teknik sipil dimana saat ini sudah menjadi ITB lalu kemudian bisa lulus di tanggal 25 Mei 1926 sehingga mendapatkan gelar Insinyur, Beliau juga bisa berbahasa asing. Setelah tamat maka Bung Karno memulai mendirikan beberapa organisasi perjuagan.
Sebelum kita bercerita kisah Beliau lebih panjang ada beberapa poin penting dari cerita singkat Bung Karno diatas, seperti :

  1. Bung Karno adalah orang yang berpendidikan, gelar insinyur adalah bukti bahwa beliau orang cerdas dan tekun dalam belajar di sekolah. Semoga kita generasi bangsa bisa mengikuti jejak beliau dengan semangat belajar dan melanjutkan pendidikan setinggi tingginya.
  2. Bung Karno bisa berbahasa Asing, selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang biasa diajarkan dari keluarga masing-masing alangkah baiknya ketika kita bisa berbahasa asing agar bisa berkomunikasi secara global guna menambah wawasan dan bisa berperan bagi kehidupan bangsa dan dunia.
  3. Kepercayaan diri Bung Karno yang tinggi, bagaimana tidak sejak kecil beliau melatih dirinya untuk bisa berpidato dengan cara belajar berbicara sendiri didepan cermin, Bung Karno sangat tegas dalam berpidato dan pesan yang disampaikan bisa membuat yang mendengarnya langsung semangat.
  4. Bung Karno adalah Tokoh yang sangat mandiri, diawali dari kisah beliau yang sejak kecil sudah tidak serumah dengan orang tuanya sampai bisa membuat Indonesia Merdeka adalah bukti bahwa beliau dijuluki Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

Semoga kita masyarakat Indonesia yang hidup di masa sekarang bisa menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara, kisah dari pahlawan kita bisa menjadikan acuan dalan menjalani kehidupan, mengutip salah satu ucapan Bung Karno yang terkenal “JAS MERAH (Jangan sekali-kali melupakan sejarah)” adalah pesan agar kita bisa mengenal Tokoh Tokoh Sejarah dan mengambil hikmah dari setiap perjalan mereka.

Penulis : Pena Merah

Facebook Comments