Mungkin anda akan berpikir dua kali bahkan lebih saat ditawari untuk bekerja menjadi sales. Ada banyak orang yang menolak dan malas menjalani profesi sebagai salesman karena pekerjaan ini dianggap sulit. Terlebih lagi dengan tuntutan mereka harus mencapai target penjualan. Seperti pekerjaan sales mobil, adanya motivasi sales mobil akan sangat penting. Mengingat bahwa pekerjaan mereka bukan hal yang mudah.

Ada banyak sales mobil yang akhirnya putus asa dan menyerah di tengah jalan saat mereka tak bisa mencapai penjualan yang telah ditarget oleh perusahaan. Memang kemampuan antara sales yang satu dan lainnya itu tidak sama. jadi untuk targetpun mereka tidak bisa disamakan. Meski telah mempunyai mental yang kuat, bisa jadi lemah saat sales tak bisa mendapat konsumen atau bahkan mendapat cacian dari orang lain.

Manfaat Motivasi Untuk Sales Mobil

Dengan melihat berbagai masalah seperti di atas, maka disinilah peran pentingnya motivasi untuk para sales. Ini berguna untuk memberikan dukungan, membangun mental kuat serta kepercayaan diri mereka.

Motivasi ini bisa diartikan sebagai dukungan baik moril maupun materiil pada seseorang agar dapat meningkatkan kinerja mereka. Sehingga mereka bisa memperoleh hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan. Nah, pastinya semua sales ingin pencapaian target mereka terpenuhi bukan?

Dengan adanya motivasi maka akan membangkitkan mental yang lemah. Jadi sales itu harus pantang menyerah dan kuat. Harus punya rasa percaya diri untuk menghadapi setiap orang yang jadi konsumennya. Jika mental mereka lemah dan kurang percaya diri maka orang lain pun tidak akan percaya dengan promosi salesman tersebut.

Langkah Dalam Membangun Motivasi Sales Mobil

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar dapat memotivasi sales dalam meningkatkan kinerja mereka. Diantaranya adalah:

Pelatihan Salesman

Kegiatan ini bisa dilakukan perusahaan setelah perusahaan mengetahui atau menilai kinerja salesman dalam beberapa waktu. Setelah dilakukan pelatihan perusahaan tetap harus memantau kinerja salesman untuk mengukur kemampuan mereka apakah menurun atau meningkat setelah dilakukan pelatihan motivasi.

Dukungan dan pengarahan yang positif dalam pelatihansupaya salesman bisa meningatkan kinerjanya sangat penting, bukan hanya karena gaji atau bonus saja.

Mengukur Potensi Salesman

Dalam memberikan motivasi kepada sales, maka setiap pemimpin harus mengetahui kemampuan setiap salesman dalam pencapaian target penjualan. bila tidak mampu maka anda dapat mengambil langkah tepat supaya target dapat terpenuhi sesuai kemampuan mereka.

Hargai Hasil Kerjanya

Sebagai pemimpin juga harus dapat menghargai hasil kerja salesman sekalipun mereka tidak mencapai target. Berikan mereka penghargaan dengan memberikan gaji pokok beserta bonus atau tunjangan lainnya sehingga para sales bisa termotivasi untuk meningkatkan target.

Cara Sukses Jadi Sales Mobil

Ada beberapa kunci sukses menjadi seorang sales mobil. Salah satunya adalah jangan malu bertanya pada senior. Senior dalam tempat kerja adalah guru pertama baik itu secara teori atau praktek. kita bisa memperoleh pelajaran dengan konsep learning by doing. Karena cara kerja sales mobil bukan cuma teoritis tapi implementasinya di lapangan.

Lakukan apa yang diminta head sales dan juga senior sesuai job description sebagai acuan kerja kita. Dari situlah kita belajar tahapan apa saja yang perlu untuk dilakukan.

Jangan merasa malu menghadari banyak orang dengan berbagai macam karakter. Kita harus bisa melakukan penawaran, canvasing, direct selling, dan broadcasting tanpa rasa malu agar konsumen respect terhadap kita.

Pahami produk yang kita jual. Pahami semua seluk- beluk barang yang ditawarkan. Bila perlu jelaskan kelebihannya, perbedaan dengan produk lain. dan jangan lupa untuk selalu membangun jaringan. Ini bisa diperoleh dari intensitas pertemuan. Dengan demikian kita akan memiliki banyak relasi yang memudahkan kita mendapat banyak konsumen.

Itulah beberapa motivasi sales mobil yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan membantu anda menjadi sales yang sukses.

Facebook Comments