Sudah baca berbagai buku motivasi tapi Anda tetap merasa stuck dan tidak kunjung sukses? Sudah ikut seminar, workshop, nonton motivator dari yang abal-abal sampai profesional tapi hidup tetap ga ada kemajuan? Apa yang salah dengan diri Anda? Pada dasarnya kita semua butuh motivasi untuk melakukan sesuatu, tapi kenapa semua ilmu teori tentang pengembangan diri, motivasi, kesuksesan, entrepreneurship, karir, dll seakan malah memperlambat pencapaian mimpi yang kita inginkan?

Di internet bertebaran ribuan artikel mengenai kesuksesan seperti “7 kebiasaan yang orang sukses lakukan”, “5 ritual yang dilakukan orang-orang terkaya di dunia”, sampai “cara sukses menghasilkan 1 milyar tanpa modal dalam setahun”, sudah banyak berbagai ilmu tentang kekayaan, kesuksesan, percintaan, kehidupan, dll tapi mengapa kita masih kesulitan dalam hidup ini? Kenapa Anda merasa hidup ini semakin berat?

Sekarang jika saya tanya, apa gunanya Anda membaca puluhan buku tentang entrepreneurship kalau Anda tidak pernah benar-benar memulai bisnis Anda sendiri? Apa gunanya mendengarkan jutaan nasihat percintaan kalau Anda tidak pernah menyatakan perasaan pada orang yang Anda suka? Apa gunanya Anda membeli buku tentang diet/kesehatan tapi setiap hari masih makan junk food dan malas berolahraga?

Fakta lucunya Anda sudah tahu apa yang bisa membuat seseorang menjadi sukses, saya jamin jika seseorang datang kepada Anda dan bertanya “gimana cara supaya saya bisa sukses/kaya” Andapun bisa menjawabnya dengan mudah, tapi mengapa Anda sendiri masih berjuang dan kesulitan untuk bisa sukses? Bukan karena Anda kurang pengetahuan, bukan karena Anda kurang pintar, bukan karena Anda kurang kemauan, bukan karena Anda belum membeli buku motivasi seharga Rp 150.000,- atau mengikuti seminar motivator Rp 500.000,- tentang “cara menjadi sukses”, tapi karena 1 hal yaitu Anda kurang melakukan dan bertindak.

Sebagian besar orang tidak memulai, tidak melakukan, tidak membuat/menciptakan sesuatu.

Mereka selalu berpikir, merenung, merencanakan strategi (menunda), berdebat, dan apapun kecuali bertindak untuk benar-benar mencapai tujuan mereka. Mereka tidak mau menerima fakta bahwa diperlukan kerja yang sangat keras untuk mencapai apa yang mereka inginkan, mereka ingin mencari cara mudah dengan embel-embel “kerja cerdas” atau work smart tanpa melakukan kerja apapun pada akhirnya, ada alasan mengapa bisnis/industri motivasi dan pengembangan diri (self-help) terus menjamur di Indonesia, begitu banyaknya informasi di internet yang bisa membantu Anda dalam hal apapun namun Anda tetap merasa butuh bantuan lebih untuk bisa sukses.

Semoga ini artikel motivasi terakhir yang Anda baca.

Hampir semua motivasi yang Anda baca di internet itu omong kosong, Anda tidak butuh motivasi, Anda tidak butuh baca artikel tentang kesuksesan yang sudah kesekian kalinya dicopas/rewrite berkali-kali di internet, Anda sudah tidak butuh semua itu, saya akan berikan 3 kata simpel yang sebenarnya betul-betul Anda perlukan untuk mencapai kesuksesan dan mimpi Anda, yaitu:

Just Do It.

Hal yang selalu menghambat kita dalam menggapai impian adalah karena kita tidak mengalokasikan waktu yang ada untuk mencapai tujuan tersebut. Pertanyaannya mengapa seseorang bisa tidak mencurahkan waktunya untuk melakukan apa yang mereka inginkan? Beberapa orang akan menjawab karena kita malas dan sebagainya, tapi jawaban yang sebenarnya adalah karena kita takut.

Rasa takut inilah yang sering membuat kita tidak memulai dan melakukan apapun pada akhirnya, kita takut gagal, takut jatuh dan bangkrut, takut ditolak oleh orang yang kita suka, takut akan judge dari orang lain, takut malu, takut keluar dari zona nyaman, hingga akhirnya kita berkelit dengan kata “saya sudah cukup dengan apa yang saya punya”, padahal hati kecil kita tetap merasa kurang, kita menginginkan sesuatu yang lebih besar dan berarti.

Success isn’t about knowing more, but doing more.

Jujur saja Anda tidak akan pernah sukses jika terus membaca artikel-artikel motivasi di blog ini, itu semua hanya teori basi yang tidak akan membawa Anda kemanapun kalau Anda tidak bekerja dan berusaha, karena itu saya juga sudah jarang menulis artikel motivasi di blog Solusik ini, karena bagi saya ilmu yang praktikal seperti tips bisnis, tips blogging, dan tips toko online jauh lebih berguna daripada motivasi semata, realitanya Anda akan belajar lebih banyak saat melakukan daripada saat Anda membaca.

Pada awalnya rasa takut akan selalu menghantui Anda saat memulai, pertama kali saya menulis artikel di internet saya juga paranoid berlebihan, saat pertama kali bikin video YouTube, saat pertama kali interview kerja, dan seterusnya, apapun yang Anda lakukan pertama kali akan terasa menakutkan (and sucks), namun kunci terpenting adalah memulai, overcome that fear, taklukan rasa takut itu (just do it), karena ketakutan itulah jurang yang memisahkan Anda dengan ribuan peluang dan kesempatan yang ada di dunia ini.

Satu-satunya cara membawa perubahan real yang berarti dalam hidup ini adalah dengan mengalahkan rasa takut (overcome fear) dan bertindak (just do it), no more excuse, tidak ada lagi alasan, tidak ada lagi kata “saya butuh motivasi”, karena motivasipun bisa datang saat Anda melakukan.

  • Jangan menunggu motivasi baru bergerak, tapi bergeraklah, maka Anda akan termotivasi.
  • Jangan menunggu terinspirasi baru menulis, tapi menulislah, maka inspirasi akan hadir dalam tulisanmu.
  • Jangan menunggu bisa baru melakukan, tapi lakukanlah, maka Anda pasti bisa.
  • Jangan menunggu berani baru bertindak, tapi bertindaklah, maka rasa takut itu akan hilang.
  • Jangan menunggu kesempatan, tapi berkaryalah, maka peluang-peluang baru akan muncul.
Facebook Comments